Ketentuan Penggunaan Aplikasi Seluler
PT Home Credit Indonesia
Terakhir diperbaharui: 18 Juni 2025
Selamat datang di aplikasi seluler Home Credit (“Aplikasi”) yang dikelola oleh PT Home Credit Indonesia ("Home Credit" atau “Kami”).
Dalam menggunakan Aplikasi, setiap individu yang menggunakan Aplikasi dan/atau terdaftar sebagai pengguna Aplikasi (selanjutnya disebut sebagai “Pengguna” atau “Anda”) akan terikat dalam dan tunduk terhadap syarat dan ketentuan, sebagaimana dijelaskan di bawah ini, serta syarat dan ketentuan tambahan, peraturan, sanggahan dan pemberitahuan yang ditampilkan oleh Home Credit melalui kanal mana pun dalam Aplikasi (secara bersama-sama disebut “Ketentuan Penggunaan”).
Dengan menekan tombol “Setuju dan Lanjutkan”, atau dengan mengakses, melihat atau menggunakan Aplikasi, Anda menyatakan bahwa Anda telah mencapai usia paling tidak 18 tahun, telah membaca dan setuju untuk terikat terhadap Ketentuan Penggunaan yang dapat diubah sewaktu-waktu. Namun, apabila Anda tidak menyetujui dengan ketentuan-ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan, maka silakan untuk jangan melanjutkan penggunaan Aplikasi ini.
Untuk memudahkan pemahaman Anda terhadap Ketentuan Penggunaan ini, istilah-istilah dalam Ketentuan Penggunaan akan memiliki arti sebagai berikut:
Melalui Aplikasi ini kami menyediakan hal-hal sebagai berikut kepada Pengguna:
Seluruh informasi dan materi atas Aplikasi disediakan “sebagaimana adanya” hanya untuk keperluan secara umum. Beberapa informasi yang disediakan dalam Aplikasi hanya dibuat sebagai ilustrasi, oleh karena hal tersebut, Home Credit tidak akan bertanggung jawab atas informasi tersebut dan Pengguna tidak dapat menuntut Home Credit atas informasi tersebut dalam bentuk apa pun. Home Credit tidak akan bertanggung jawab, apabila perangkat selular Pengguna mengalami beberapa masalah dalam sistem Aplikasi dan karenanya, menampilkan atau memberikan pemberitahuan/informasi yang salah kepada Pengguna. Atas permasalahan tersebut, Pengguna wajib menginformasikan kepada Home Credit, sehingga Home Credit dapat memberikan informasi yang benar.
Kecuali apabila diharuskan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, Home Credit tidak memberikan jaminan apapun, baik yang tersurat maupun tersirat, serta tidak membuat pernyataan sehubungan dengan Aplikasi. Khususnya, walaupun Aplikasi dilaksanakan dengan baik, Home Credit tidak menyatakan dan menjaminkan bahwa:
Home Credit dan para karyawan, pegawai, agen dan perwakilannya tidak akan bertanggung jawab atas suatu kerugian atau kerusakan terhadap Pengguna atau pihak lain, sebagaimana bentuknya apakah secara sengaja oleh Pengguna dan bukan karena kesalahan Home Credit, yang dapat timbul secara langsung atau tidak langsung sehubungan dengan suatu kesalahan, kelalaian atau pernyataan yang salah dalam setiap informasi atau materi yang disediakan dalam Aplikasi atau sebaliknya sebagai bentuk dari atau sehubungan dengan penggunaan Aplikasi atau informasi atau materi yang diberitahukan dalam Aplikasi.
Pengguna harus bertanggungjawab bahwa penggunaan atas Aplikasi ini adalah sah secara hukum atau tidak dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mereka atau dalam lokasi mereka.
Home Credit setiap saat berhak untuk mengubah atau mencabut data dan/atau tampilan yang ada dalam Aplikasi.
Pengguna menjaminkan dan melepaskan Home Credit dan pihak yang berkepentingan sehubungan dengan setiap tanggung jawab, kerugian, biaya dan kerusakan apapun yang diderita oleh Home Credit dan pihak yang berkepentingan sebagai akibat langsung atau tidak langsung dari tindakan Pengguna yang melanggar bagian dari Ketentuan Penggunaan ini. Home Credit mempunyai hak (dengan kebijakannya sendiri) untuk mendapatkan pembelaan dan kendali secara ekslusif atas setiap hal sehubungan dengan ganti rugi oleh Pengguna dimana dalam hal tersebut Pengguna harus membantu dan bekerja sama dengan Home Credit untuk melaksanakan pembelaan tersebut.
Hak Cipta dan setiap Hak Kekayaan Intelektual yang melekat pada Aplikasi semata-mata dimiliki oleh Home Credit, perusahaan induk dan/atau afiliasinya.
Sebagaimana diatur dalam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia sehubungan dengan Hak Kekayaan Intelektual, tidak ada bagian dari Aplikasi diperbolehkan untuk direproduksi, disalin, dipublikasikan, dibuat atau ditransmisikan dalam bentuk apa pun dengan cara apapun tanpa adanya persetujuan dari Home Credit. Apabila tidak mengikuti ketentuan ini, Anda dapat dikenakan sanksi secara perdata dan/atau pidana sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
Isi, penggunaan dan interpretasi atas Aplikasi dan Ketentuan Penggunaan diatur sesuai dengan ketentuan hukum Republik Indonesia. Pengguna dengan ini setuju bahwa dalam hal terjadi perselisihan yang timbul dari atau sehubungan dengan Aplikasi ini (“Perselisihan”), Home Credit dan Pengguna (“Para Pihak”) dengan ini setuju untuk berusaha sedapat mungkin mencapai penyelesaian secara musyawarah. Apabila Perselisihan itu tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam waktu 30 hari, Para Pihak setuju bahwa Perselisihan itu akan diselesaikan untuk pertama dan terakhir kalinya melalui arbitrase. Proses arbitrase dilangsungkan di Jakarta sesuai dengan peraturan administrasi dan prosedur dari Badan Arbitrase Nasional Indonesia atau (“BANI”) (“Peraturan BANI”) yang berlaku. Majelis arbitrase akan terdiri dari satu arbiter yang ditunjuk oleh Ketua BANI dan bahasa yang akan digunakan adalah bahasa Indonesia, dan masing-masing pihak dengan ini tunduk tanpa syarat dan tanpa dapat dicabut kembali pada kekuasaan wilayah hukum dari forum arbitrase tersebut.
Home Credit dapat mengubah Ketentuan Penggunaan ini dari waktu ke waktu dengan menampilkan versi yang telah diubah pada Aplikasi dan/atau alamat situs perusahaan Home Credit. Pengguna bertanggung jawab untuk memeriksa Ketentuan Penggunaan secara rutin untuk melihat apabila terdapat suatu perubahan. Pengguna dianggap telah menyetujui segala perubahan Ketentuan Penggunaan jika Pengguna menggunakan Aplikasi ini secara terus menerus.
Apabila suatu bagian dari Ketentuan Penggunaan tidak dapat diberlakukan, maka bagian tersebut tidak mempengaruhi ketentuan lainnya. Bagian yang tidak berlaku tersebut akan digantikan dengan ketentuan yang sah.
Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Ketentuan Penggunaan ini atau ada hal yang ingin disampaikan kepada Kami, seperti aduan terhadap seluruh penggunaan Aplikasi, permintaan terkait penggunaan data pribadi dan/atau hak kekayaan intelektual, atau hal lainnya terkait pembiayaan, Anda dapat menghubungi kami melalui email pada alamat care@homecredit.co.id atau id.dpo@homecredit.co.id.
© Hak Cipta 2025 PT Home Credit Indonesia
KEBIJAKAN PRIVASI
PT HOME CREDIT INDONESIA
Berlaku sejak: 18 Juni 2025
Pendahuluan
PT Home Credit Indonesia (“Home Credit” atau "kami"), suatu perusahaan pembiayaan yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”), yang mengoperasikan suatu Aplikasi Seluler ("Aplikasi"). Anda adalah pengguna Aplikasi dan/atau penerima fasilitas pembiayaan kami (“Anda”, “Pengguna” atau “Konsumen”). Kebijakan Privasi ini menginformasikan kepada Anda sekaligus menjelaskan bagaimana kami memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, menguasai, menggunakan, mengolah, menganalisis, memperbaiki, melakukan pembaruan, menampilkan, mengumumkan, mengalihkan, mengungkapkan dan melindungi data dan informasi pribadi Anda yang Anda berikan ketika mengakses dan/atau menggunakan Aplikasi (“Pemrosesan Data Pribadi”).
Dalam menjalankan dan mengelola Aplikasi dan fasilitas pembiayaan atau layanan lainnya melalui Aplikasi, Home Credit menerapkan Kebijakan Privasi ini untuk menetapkan standar dan tata cara pelindungan Pemrosesan Data Pribadi.
Dengan menyetujui Kebijakan Privasi, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini serta menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus, Anda sepakat dan memberikan persetujuan kepada kami untuk melakukan Pemrosesan Data Pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.
1. Data Pribadi Yang Kami Kumpulkan
a. Definisi Data Pribadi
Data Pribadi adalah data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung, baik yang bersifat spesifik maupun umum termasuk, namun tidak terbatas pada, nama lengkap, nama Pengguna, data dokumen identitas nasional atau tanda pengenal lainnya yang dikeluarkan pemerintah, kewarganegaraan, jenis kelamin, nama ibu kandung, agama, status perkawinan, alamat, alamat surat elektronik (email), pekerjaan, alamat dan/atau nomor telepon tempat kerja/usaha, surat keterangan pajak, kisaran penghasilan, nomor telepon seluler, tempat dan tanggal lahir, foto (pilihan), data keuangan pribadi dan/atau rekening bank, data biometrik, data kendaraan, termasuk penyediaan data lokasi seperti perkiraan lokasi (berbasis jaringan), kepastian lokasi (global positioning system “GPS” dan berbasis jaringan), informasi dan/atau data lainnya sebagaimana berlaku, serta data lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, termasuk peraturan perundang-undangan mengenai pelindungan data pribadi, yang Anda serahkan atau sediakan pada saat proses pendaftaran dan selama Anda sudah terdaftar sebagai Pengguna pada Aplikasi. Selain itu, data-data lain, termasuk profil pribadi, dan/atau pengenal unik, dikaitkan atau digabungkan dengan Data Pribadi, maka data tersebut juga merupakan Data Pribadi. Jenis Data Pribadi yang Kami kumpulkan bergantung pada keadaan pengumpulan dan sifat layanan yang diminta. Sepanjang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, kami dapat memproses, mengumpulkan, menggunakan, menyimpan dan mentransfer jenis-jenis berbeda dari Data Pribadi tentang Anda.
b. Data Gabungan
Kami dapat membuat, menggunakan, atau mengungkapkan Data Gabungan seperti data statistik atau demografi untuk tujuan apa pun. Data Gabungan dapat berasal dari Data Pribadi Anda, tetapi tidak akan dianggap sebagai Data Pribadi karena data ini tidak akan secara langsung atau tidak langsung mengungkapkan identitas Anda karena Kami akan memastikan: (i) bahwa semua pengenal telah dihapus sedemikian rupa sehingga data, sendiri atau bersama-sama dengan data lain yang tersedia, tidak dapat dikaitkan atau dihubungkan dengan atau tidak dapat mengidentifikasi siapa pun, dan (ii) data tersebut kemudian digabungkan dengan data serupa sehingga data asli membentuk bagian dari kumpulan data yang lebih besar.
c. Data Yang Kami Kumpulkan Dari Anda Secara Langsung
Anda dapat memberikan kepada kami Data Pribadi Anda, termasuk dalam keadaan di mana hal tersebut diminta oleh kami atau dalam keadaan diharuskan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, saat berinteraksi dengan kami secara langsung atau berkorespondensi dengan kami melalui surat, email, atau lainnya. Hal ini termasuk Data Pribadi yang Anda sediakan ketika Anda:
(i) mendaftar dan menggunakan Aplikasi;
(ii) memeriksa kelayakan penerimaan fasilitas pembiayaan yang disediakan oleh kami atau fasilitas layanan yang disediakan oleh Pihak Ketiga yang tersedia dalam Aplikasi;
(iii) melakukan pembayaran dengan menggunakan metode yang tersedia; dan
(iv) menghubungi/berinteraksi/berkorespondensi dengan layanan pelanggan dan/atau fitur chat kami.
Persetujuan penggunaan dan/atau pemrosesan Data Pribadi untuk fasilitas pembiayaan dan pemasaran serta penawaran promosi disetujui terpisah dalam Aplikasi.
d. Data Yang Kami Kumpulkan Dari Perangkat Selular Pribadi Anda
Kami, dengan tujuan untuk dapat memberikan layanan dan/atau keputusan penilaian yang lebih baik pada saat proses pendaftaran, penggunaan Aplikasi atau selama Anda sudah terdaftar sebagai Pengguna pada Aplikasi, akan (1) mengunduh, menyimpan dan/atau menggunakan (a) kepastian lokasi GPS; (b) microphone dan (c) kamera perangkat, dan juga (2) mengunduh, menyimpan dan/atau menggunakan hanya meta informasi (ukuran file, jumlah file, tanggal file dan/atau resolusi) dan log data, tetapi bukan konten dari: (i) akun dan aplikasi terdaftar, (ii) suara/audio, (iii) panggilan(-panggilan) telepon, (iv) data umum-operator telepon selular dan pengaturan (misal, jaringan operator dan penggunaan jaringan, Wi-Fi, Bluetooth, kota dan kode negara penyedia kartu subscriber identity module/SIM dan seluruh pengaturan dan perizinan seluler), (v) e-mail, (vi) platform, (vii) informasi mengenai perangkat (device info), tipe perangkat (device type) dan perangkat keras/hardware, (viii) nomor international mobile equipment identity (IMEI), (ix) kontak, (x) gambar, (xi) video, (xii) kalender, jadwal kalender, peserta yang hadir dan pengingat, (xiii) informasi baterai, (xiv) sistem operasi, dan (xv) data serta dokumen yang diunduh.
e. Data yang Tidak Dikumpulkan dalam Perangkat Selular Pribadi Anda
Kami tidak akan mengumpulkan data/informasi sebagai berikut: (i) nomor identifikasi pribadi (personal identification number/PIN)/kata sandi Perangkat, data biometrik atau informasi lainnya apapun untuk memperoleh akses ke akun Perangkat anda, (ii) konten apapun dari: pesan teks, SMS, atau email(-email), foto, jaringan sosial, komunikasi app messenger, dan/atau file(-file) lainnya apapun dalam Perangkat selular anda.
e. Data yang Tidak Dikumpulkan dalam Perangkat Selular Pribadi Anda
Kami tidak akan mengumpulkan data/informasi sebagai berikut: (i) nomor identifikasi pribadi (personal identification number/PIN)/kata sandi Perangkat, data biometrik atau informasi lainnya apapun untuk memperoleh akses ke akun Perangkat anda, (ii) konten apapun dari: pesan teks, SMS, atau email(-email), foto, jaringan sosial, komunikasi app messenger, dan/atau file(-file) lainnya apapun dalam Perangkat selular anda.
f. Data yang Dikumpulkan dari Pihak Ketiga
Kami juga dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda dari pihak ketiga (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra, institusi pemerintah dan pihak lainnya yang menyediakan layanan kepada Kami, mengumpulkan Data Pribadi dan/atau melakukan tugas atas nama Kami, atau dengan pihak yang melakukan kerja sama dengan Kami). Dalam kondisi tersebut, Kami hanya akan mengumpulkan dan/atau memroses Data Pribadi Anda untuk atau sehubungan dengan tujuan yang melibatkan pihak ketiga tersebut atau tujuan kerja sama Kami dengan pihak ketiga tersebut dan/atau sebagai pemenuhan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
g. Data tentang Pihak Ketiga yang Anda Berikan Kepada Kami
Anda dapat memberikan kepada Kami Data Pribadi yang berkaitan dengan individu pihak ketiga lainnya (termasuk Data Pribadi yang berkaitan dengan pasangan Anda, anggota keluarga, teman, atau individu lain). Dalam kondisi tersebut, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah mendapatkan persetujuan dari individu pihak ketiga lainnya tersebut, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut, untuk Pemrosesan Data Pribadi mereka oleh Kami, Kami dapat meminta bukti dari persetujuan tersebut kepada anda setiap saat.
Anda dapat memberikan kepada kami Data Pribadi Anda, termasuk dalam keadaan di mana hal tersebut diminta oleh kami atau dalam keadaan diharuskan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, saat berinteraksi dengan kami secara langsung atau berkorespondensi dengan kami melalui surat, email atau lainnya. Hal ini termasuk Data Pribadi yang Anda sediakan ketika Anda:
2. Tujuan Penggunaan Data Pribadi Anda
Kami mengumpulkan, menggunakan dan memroses Data Pribadi Anda untuk tujuan sebagai berikut maupun untuk tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada, peraturan mengenai pelindungan data pribadi (“Tujuan”):
a. mengidentifikasi dan mendaftarkan Anda sebagai pengguna Aplikasi dan untuk memverifikasi, menonaktifkan, atau mengelola Aplikasi;
b. memeriksa kelayakan penerimaan fasilitas pembiayaan yang disediakan oleh Kami atau fasilitas layanan yang disediakan oleh Pihak Ketiga yang tersedia dalam Aplikasi, termasuk melakukan proses penilaian kredit (credit scoring) (jika dibutuhkan), pemeriksaan dan/atau verifikasi data atau catatan-catatan dari Sistem Layanan Informasi Keuangan (“SLIK”) atau Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan, pihak berwenang lainnya dan/atau sumber informasi publik lainnya, dan upaya pencegahan dan/atau penanggulangan pencucian uang, pendanaan terorisme, pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal, dan/atau tindak kecurangan/fraud, sebagaimana diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku;
c. mengolah dan memfasilitasi layanan pembiayaan, transaksi jasa keuangan lainnya dan transaksi pembayaran yang Anda lakukan, termasuk memfasilitasi dan menyediakan fitur tambahan tertentu yang melekat pada fasilitas pembiayaan;
d. memfasilitasi pentautan dengan platform pihak ketiga dalam hal layanan disediakan oleh pihak ketiga;
e. berkomunikasi dengan Anda dan mengirimkan Anda informasi sehubungan dengan penggunaan Aplikasi (termasuk setiap pemberitahuan yang dipersyaratkan oleh hukum, sebagai pengganti komunikasi dengan surat melalui pos). Apabila Anda tidak ingin menerima pesan-pesan tersebut sebagai pesan yang muncul (pop up) dalam Aplikasi, Anda dapat memilih untuk tidak menerima pesan-pesan tersebut (opt out) dengan mematikan tombol untuk pesan dengan mengikuti petunjuk dalam Aplikasi, akan tetapi, Anda akan tetap menerima pesan tersebut di dalam inbox;
f. memberitahu Anda mengenai segala pembaruan pada Aplikasi atau perubahan pada layanan yang disediakan;
g. mengolah, memproses, menyelesaikan dan menanggapi keluhan, permasalahan, pertanyaan dan saran yang diterima dari Anda;
h. melakukan pemeliharaan, mengembangkan, menguji, meningkatkan, dan mempersonalisasikan Aplikasi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda sebagai Pengguna;
i. memantau dan menganalisis aktivitas, perilaku, dan data demografis pengguna termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai layanan yang tersedia di Aplikasi;
j. untuk tujuan pengujian, penelitian, analisis, pengembangan produk, kemitraan komersial, dan kerja sama dengan pihak ketiga;
k. menyimpan atau membuat duplikasi Data Pribadi baik di dalam atau di luar yurisdiksi Anda maupun Home Credit, sepanjang diperbolehkan dan mengikuti serta tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku;
l. menyimpan dan mendokumentasikan seluruh Pemrosesan Data Pribadi yang diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan dan/atau sebagai persyaratan penyimpanan Data Pribadi; dan/atau
m. mematuhi semua kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan melakukan pemeriksaan audit (internal dan eksternal), uji tuntas dan dalam rangka penegakan hukum.
3. Pihak Ketiga
Pihak Ketiga adalah setiap biro informasi kredit yang tersedia (SLIK OJK dan/atau Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan), Pemeringkat Kredit Alternatif, pusat data identitas dari pihak ketiga mana pun yang tersedia sah secara hukum, lembaga keuangan mana pun, setiap otoritas pemerintah yang berwenang, setiap afiliasi Home Credit dan/atau setiap pihak ketiga lainnya termasuk, namun tidak terbatas pada Lembaga pencatatan aset, mitra penerima pengalihan pembiayaan atau pengalihan hak tagih atau penyedia jasa penagihan, Notaris, penyedia jasa pembayaran, penyedia jasa riset, penyelenggara jaminan sosial, Penyelenggara Sertifikasi Elektronik, penyelenggara sistem elektronik, penyelenggara transaksi elektronik, perusahaan asuransi, perusahaan perbankan, perusahaan penyedia layanan penyimpanan dokumen, perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia, dan/atau penyedia jasa lainnya yang terikat secara resmi dan sah dengan Home Credit (”Pihak Ketiga”).
Kami membagikan Data Pribadi Anda dengan Pihak Ketiga tersebut untuk tujuan, termasuk namun tidak terbatas pada, hal-hal sebagai berikut:
3.1 Mengumpulkan dan menyediakan Data Pribadi kepada Pihak Ketiga untuk keperluan identifikasi, penilaian risiko atau kemampuan, dan/atau proses terkait lainnya yang dibutuhkan dalam hal penyediaan layanan atau jasa keuangan seperti produk perbankan, pembiayaan, non-pembiayaan, asuransi dan/atau layanan/jasa keuangan lainnya yang disediakan oleh Pihak Ketiga.
3.2 Mengumpulkan dan menyediakan Data Pribadi kepada Pihak Ketiga, yang berstatus sebagai kreditur bersama, untuk kepentingan pencairan pembiayaan, yang sebelumnya telah menerima pengungkapan Data Pribadi dalam rangka pelaksanaan uji tuntas terhadap status Anda selama menjadi debitur dari kreditur manapun, diantaranya secara khusus tentang: (i) status hapus buku dan/atau hapus tagih sampai dengan dialihkannya piutang tersebut kepada pihak lainnya; dan/atau (ii) status keterlibatan dalam restrukturisasi hutang.
3.3 Melakukan verifikasi yang ditujukan untuk menilai kapasitas Anda dalam mendapatkan program perlindungan, termasuk menyediakan Data Pribadi Anda untuk kepentingan pengajuan klaim atas program perlindungan yang disediakan oleh Pihak Ketiga.
3.4 Mengumpulkan dan menyediakan Data Pribadi Anda kepada Pihak Ketiga dalam rangka melaksanakan fungsi penagihan untuk menjaga riwayat pembayaran Anda.
3.5 Menyimpan seluruh bentuk komunikasi apapun antara Anda dan Home Credit melalui media komunikasi yang Kami sediakan, yang kemudian diteruskan kepada Pihak Ketiga untuk disimpan, diolah dan diubah menjadi sebuah naskah atau teks yang mampu dilafalkan, dibaca dan dipahami serta dicatat dalam sistem atau database Kami.
3.6 Melakukan verifikasi, penilaian risiko, identifikasi dan/atau analisa terhadap setiap aktivitas, pola perilaku transaksi, skala upah, data demografis, keikutsertaan dalam jaminan sosial, termasuk kebiasaan dan perilaku penggunaan berbagai layanan yang tersedia pada aplikasi dompet elektronik (electronic wallet), aplikasi penyedia jasa pembayaran, aplikasi perdagangan elektronik (electronic commerce) atau aplikasi penyedia transaksi elektronik lainnya dan/atau pada perilaku penggunaan layanan telekomunikasi (termasuk durasi penggunaannya) dalam rangka memastikan pemberian fasilitas pembiayaan sesuai dengan profil dan karakteristik Pengguna atau Konsumen.
3.7 Mengumpulkan data, dokumen, atau informasi kendaraan yang mengandung Data Pribadi untuk didaftarkan kepada Pihak Ketiga dalam rangka pembebanan jaminan/agunan sesuai dengan sertifikat fidusia yang diterbitkan sebagai upaya mitigasi risiko atas fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh Home Credit kepada Anda sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta untuk menyimpan dan mengembalikan Data Pribadi dengan tunduk pada syarat dan ketentuan dalam perjanjian pembiayaan Anda.
3.8 Mengungkapkan dan/atau membagikan Data Pribadi kepada Pihak Ketiga yang menerima pengalihan hak dan kewajiban, termasuk hutang atau tagihan, yang timbul dari perjanjian pembiayaan yang Anda tandatangani, dengan tunduk pada syarat dan ketentuan sebagaimana diatur dalam perjanjian pembiayaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
3.9 Mengumpulkan dan mengungkapkan Data Pribadi Anda dalam rangka persyaratan penyimpanan oleh, dan dalam rangka pelaporan internal kepada, perusahaan induk, perusahaan terafiliasi, pemilik utama atau entitas yang secara langsung atau tidak langsung dikendalikan oleh pihak yang sama yang mengendalikan Home Credit.
3.10 Menyelenggarakan kegiatan penelitian, analisis, menghasilan statistik dan pengembangan yang secara khusus ditujukan untuk survei, pengembangan produk dan/atau layanan, sekaligus menganalisa pengalaman dan kepuasan Anda selama menggunakan layanan Home Credit termasuk layanan/jasa keuangan lainnya.
3.11 Melakukan verifikasi dalam rangka penerbitan Sertifikat Elektronik oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik, yang dilakukan dengan cara mengindentifikasi dan memeriksa kesesuaian Data Pribadi dengan data yang tercatat pada sistem pangkal data (database) milik suatu instansi pemerintah yang berwenang dan berhak mengeluarkan informasi hasil penilaian atas kesesuaian atau keakuratan Data Pribadi.
Yang dimaksud dengan Penyelenggara Sertifikasi Elektronik adalah badan hukum yang berfungsi sebagai pihak yang layak dipercaya, yang memberikan dan mengaudit Sertifikat Elektronik. Sertifikat Elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.
3.12 Mengumpulkan dan mengungkapkan Data Pribadi Anda dalam rangka pelaporan eksternal kepada lembaga dan/atau otoritas pemerintah yang berwenang, untuk memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan, termasuk persyaratan perpajakan dan/atau persyaratan penyimpanan data.
3.13 Untuk mematuhi semua kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, melakukan pemeriksaan audit (internal dan eksternal), pelaksanaan uji tuntas dan dalam rangka penegakan hukum.
Pihak Ketiga tersebut di atas memiliki akses ke Data Pribadi Anda hanya untuk melaksanakan tugas-tugas sehubungan dengan Tujuan Penggunaan Data Pribadi sebagaimana diuraikan dalam butir 2 di atas dan berkewajiban untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan informasi atau data pribadi tersebut untuk tujuan lain.
4. Pemrosesan dan/atau Penyimpanan Data
Kami akan memproses dan/atau menyimpan Data Pribadi berikut data hasil olahan dan analisisnya selama diperlukan untuk memenuhi tujuan yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini atau disimpan mengikuti masa retensi minimal 5 (lima) tahun sejak terakhir kali Anda menjadi Pengguna dan/atau sebagaimana dipersyaratkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selama periode tersebut Home Credit dapat memperbaharui data Anda secara berkala. Anda mengetahui bahwa aktivitas ini dapat menggunakan paket data internet Anda. Kami akan menghapus dan/atau menganonimkan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali Kami apabila (i) Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya; (ii) berakhirnya masa retensi dan (iii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan menurut ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Data Pribadi Anda disimpan atau dikuasai oleh pihak lain termasuk institusi pemerintah dengan cara tertentu. Dalam hal Kami membagikan Data Pribadi Anda kepada institusi pemerintah yang berwenang dan/atau institusi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan Kami, Anda menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Anda oleh institusi terkait akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing institusi tersebut.
5. Keamanan Data
Home Credit dalam mengumpulkan dan menggunakan informasi atau data pribadi akan menerapkan semua tindakan keamanan fisik, teknis dan organisasi yang sesuai, dan mengamati praktik terbaik industri untuk mencegah terjadinya insiden keamanan dan untuk melindungi informasi atau data pribadi Anda dari pengungkapan atau penyalahgunaan secara tidak sah dan menginformasikan kepada Anda tanpa penundaan yang tidak wajar apabila Kami mengindikasikan adanya pelanggaran keamanan data.
6. Hak Anda Sebagai Pengguna
Anda dapat (i) melengkapi, memperbarui dan/atau memperbaiki, (ii) mendapatkan akses, dan/atau (iii) membatasi, menarik persetujuan penggunaan informasi atau data pribadi Anda, termasuk mengajukan penghapusan atau pemusnahan informasi atau Data Pribadi tersebut kepada kami melalui layanan pelanggan Home Credit, di mana pelaksanaan atas pengajuan Anda akan kami lakukan sesuai dengan prosedur dan kebijakan internal Home Credit yang berlaku dengan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk peraturan perundang-undangan mengenai pelindungan data pribadi. Ketika kami perlu mengumpulkan Data Pribadi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau berdasarkan ketentuan sebuah perjanjian yang Kami miliki dengan Anda, dan Anda memilih untuk tidak menyediakan Data Pribadi tersebut atau menyediakan Data Pribadi yang tidak lengkap kepada Kami saat diminta, Kami mungkin tidak dapat menyediakan layanan dan melaksanakan perjanjian yang Kami sepakati dengan Anda.
7. Perubahan Kebijakan Privasi Ini
Kami dapat memperbaharui Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu. Dalam hal Kami memutuskan untuk memperbarui Kebijakan Privasi ini, Kami akan memberitahu Anda tentang perubahan tersebut melalui kanal resmi Kami, antara lain website, push notification pada Aplikasi dan/atau melalui alamat e-mail Anda yang tercantum dalam akun Anda. Anda setuju bahwa (i) Anda bertanggung jawab untuk memeriksa Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk melihat apabila terdapat suatu perubahan atas Kebijakan Privasi ini, dan (ii) bahwa dengan Anda terus menggunakan Aplikasi Kami, berkomunikasi dengan Kami, atau mengakses dan menggunakan layanan setelah adanya perubahan apapun terhadap Kebijakan Privasi ini akan dianggap sebagai persetujuan Anda terhadap Kebijakan Privasi ini dan segala perubahannya. Apabila suatu bagian dari Kebijakan Privasi tidak dapat dipakai, maka bagian tersebut tidak mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan ketentuan lainnya. Bagian yang tidak berlaku tersebut akan digantikan dengan ketentuan yang sah.
8. Hubungi Kami
Jika anda memiliki pertanyaan tentang Kebijakan Privasi ini atau jika Anda ingin mendapatkan akses, meminta penghapusan, melakukan koreksi dan/atau mendapatkan hak-hak lainnya terhadap Data Pribadi Anda, silakan hubungi layanan pelanggan (customer care) kami di: (021) 29539600 atau melalui email care@homecredit.co.id atau id.dpo@homecredit.co.id.
© Hak Cipta 2025 PT Home Credit Indonesia
PERSETUJUAN PEMASARAN DAN PENAWARAN PROMOSI
("PERSETUJUAN")
1. Pemasaran dan Penawaran
Anda dengan ini menyatakan bersedia menerima informasi dan/atau penawaran dari PT Home Credit Indonesia ("Home Credit") mengenai produk/layanan Home Credit, pihak lain dalam grup perusahaan MUFG, maupun pihak ketiga lainnya yang bekerja sama dengan Home Credit ("Pihak Ketiga") melalui nomor telepon, nomor telepon seluler, Short Message Service (SMS), alamat surat elektronik, dan/atau sarana komunikasi pribadi Anda lainnya ("Sarana Komunikasi Pribadi Anda") yang tercatat pada Home Credit.
Penawaran hanya akan disampaikan pada hari Senin–Sabtu di luar hari libur nasional dari pukul 08.00 - 18.00 waktu setempat (atau pada waktu lain yang disetujui Anda) ("Waktu Penawaran"). Home Credit akan merekam dan menyimpan seluruh komunikasi yang dihasilkan oleh sarana komunikasi tersebut, dan rekaman tersebut merupakan bukti yang sah dan mempunyai kekuatan mengikat yang sama seperti aslinya, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya. Persetujuan ini menggantikan persetujuan yang telah Anda berikan sebelumnya untuk tujuan yang sama (jika ada).
Anda dengan ini memberikan persetujuan kepada Home Credit untuk mengungkapkan data/informasi pribadi Anda kepada Pihak Ketiga untuk tujuan pemasaran produk/layanan Pihak Ketiga. Anda telah memahami penjelasan dari Home Credit mengenai tujuan dan konsekuensi dari pemberian data/informasi tersebut. Atas hal ini, Anda menyatakan bersedia untuk dihubungi oleh Pihak Ketiga dan menerima informasi dan/atau penawaran mengenai produk/layanan Pihak Ketiga melalui Sarana Komunikasi Pribadi Anda pada Waktu Penawaran.
Anda setuju untuk memberikan persetujuan kepada Pihak Ketiga untuk merekam dan menyimpan seluruh komunikasi yang dihasilkan oleh sarana komunikasi tersebut, dan rekaman tersebut merupakan bukti yang sah dan mempunyai kekuatan mengikat yang sama seperti aslinya, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya. Persetujuan ini menggantikan persetujuan yang telah Anda berikan sebelumnya untuk tujuan yang sama (jika ada).
2. Pihak Ketiga
Dalam melakukan Pemasaran dan Penawaran, Home Credit dapat melakukan kerja sama dengan Pihak Ketiga sebagaimana tercantum dan dapat diakses pada tautan di bawah ini yang dapat diperbaharui secara berkala dari waktu ke waktu.
3. Pemrosesan dan/atau Penyimpanan Data Pribadi
Anda memberi wewenang penuh kepada Home Credit atau perwakilannya yang sah untuk memproses dan/atau menyimpan Data Pribadi berikut data hasil olahan dan analisisnya selama diperlukan atau disimpan minimal 5 (lima) tahun mengikuti periode retensi sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
4. Hak Konsumen
Anda, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, berhak untuk melakukan hal-hal berikut ini:
Untuk melaksanakan hak-hak tersebut di atas, Anda setuju untuk menghubungi, mengikuti prosedur dan/atau kebijakan internal yang berlaku di Home Credit dengan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Anda dapat menghubungi layanan pelanggan kami di: Telepon: (021) 29539600 Email: care@homecredit.co.id Email DPO: id.dpo@homecredit.co.id
PERSETUJUAN MENERIMA INFORMASI, PEMASARAN DAN/ATAU PENAWARAN DILUAR WAKTU PENAWARAN
("PERSETUJUAN")
Anda dengan ini menyatakan bersedia menerima informasi, pemasaran dan/atau penawaran dari PT Home Credit Indonesia (“Home Credit”) dan/atau Pihak Ketiga yang bekerja sama dengan Home Credit (berdasarkan persetujuan di atas) melalui Sarana Komunikasi Pribadi Anda pada hari Senin sampai dengan Minggu, termasuk hari libur nasional dari pukul 08.00 - 20.00 waktu setempat (atau pada waktu lain yang disetujui Anda). Persetujuan ini menggantikan persetujuan yang telah Anda berikan sebelumnya untuk tujuan yang sama (jika ada).